Penjelasan Lengkap Mengenai Menstruasi

Penjelasan Lengkap Mengenai Menstruasi - Menstruasi adalah pendarahan bulanan seorang wanita, sering kali disebut “periode” Anda. Ketika Anda mengalami menstruasi, tubuh Anda membuang penumpukan bulanan dari dinding rahim. Darah menstruasi dan jaringan mengalir dari rahim melalui lubang kecil di serviks dan keluar dari tubuh melalui vagina.


Selama siklus menstruasi bulanan, dinding rahim menumpuk untuk mempersiapkan kehamilan. Jika Anda tidak hamil, kadar hormon estrogen dan progesteron mulai turun. Tingkat estrogen dan progesteron yang sangat rendah memberitahu tubuh Anda untuk mulai menstruasi.

segala hal mengenai menstruasi

Apa itu siklus menstruasi?

Siklus menstruasi adalah siklus hormonal bulanan yang dilalui tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Siklus menstruasi Anda dihitung dari hari pertama menstruasi Anda hingga hari pertama periode berikutnya. Tingkat hormon Anda (estrogen dan progesterone) biasanya berubah sepanjang siklus menstruasi dan dapat menyebabkan gejala-gejala menstruasi. 


Berapa lama siklus menstruasi yang umum?

Siklus menstruasi yang umum adalah 28 hari, tetapi setiap wanita berbeda. Panjang siklus menstruasi wanita mungkin berbeda dari bulan ke bulan. Periode Anda masih "biasa" jika biasanya datang setiap 24 hingga 38 hari. Ini berarti bahwa waktu dari hari pertama periode terakhir Anda hingga awal periode berikutnya adalah setidaknya 24 hari tetapi tidak lebih dari 38 hari.
Beberapa periode wanita sangat teratur sehingga mereka dapat memprediksi hari dan waktu kapan menstruasi mereka akan dimulai. Wanita lain biasa saja tetapi hanya bisa memprediksi awal periode mereka dalam beberapa hari.

Apa itu ovulasi? 

Ovulasi adalah ketika ovarium melepaskan sel telur sehingga dapat dibuahi oleh sperma untuk membuat bayi. Seorang wanita kemungkinan besar akan hamil jika dia melakukan hubungan seks tanpa kontrol kelahiran dalam tiga hari sebelum dan sampai hari ovulasi (karena sperma sudah di tempat dan siap untuk membuahi sel telur segera setelah dilepaskan). Sperma seorang pria dapat hidup selama 3 hingga 5 hari di organ reproduksi wanita, tetapi telur seorang wanita hanya hidup 12 hingga 24 jam setelah ovulasi.
Panjang siklus setiap wanita mungkin berbeda, dan waktu antara ovulasi dan kapan periode berikutnya dimulai bisa dari satu minggu (7 hari) hingga lebih dari 2 minggu (19 hari). 

Pada waktu yang berbeda dalam kehidupan seorang wanita, ovulasi mungkin terjadi atau mungkin tidak terjadi, berikut penjelasan singkatnya : 
  • Wanita yang sedang hamil tidak mengalami ovulasi. 
  • Wanita yang sedang menyusui mungkin atau mungkin tidak mengalami ovulasi. Wanita yang sedang menyusui harus berbicara dengan dokter mereka tentang metode pengendalian kelahiran jika mereka tidak ingin hamil. 
  • Selama perimenopause, transisi menuju menopause, Anda tidak dapat mengalami ovulasi setiap bulan. 
  • Setelah menopause Anda tidak mengalami ovulasi. 


Bagaimana Seorang Wanita tahu jika ia berovulasi?

Beberapa hari sebelum Anda berovulasi, lendir atau cairan vagina Anda berubah dan menjadi lebih licin dan bersih. Lendir jenis ini membantu sperma naik ke rahim dan masuk ke saluran telur di mana telur bisa membuahi sel telur. Beberapa wanita merasakan kram ringan di satu sisi area panggul mereka ketika mereka berovulasi. Beberapa wanita memiliki tanda-tanda ovulasi lainnya.

Luteinizing hormone (LH) adalah hormon yang dikeluarkan oleh otak Anda yang memberitahu ovarium untuk melepaskan telur (disebut ovulasi). Tingkat LH mulai meningkat sekitar 36 jam sebelum ovulasi, sehingga beberapa wanita dan dokter mereka melakukan tes untuk kadar LH. Tingkat LH mencapai puncak sekitar 12 jam sebelum ovulasi. Wanita yang sedang melacak ovulasi untuk hamil akan melihat sedikit peningkatan suhu basal mereka (suhu Anda setelah tidur sebelum Anda keluar dari tempat tidur) sekitar ovulasi.


Bagaimana siklus menstruasi berubah ketika beranjak tua

Siklus Anda dapat berubah dengan cara yang berbeda saat Anda bertambah tua. Seringkali, periode lebih berat ketika Anda muda (remaja) dan biasanya mendapatkan lebih ringan dalam 20-an dan 30-an. Ini normal.

Selama beberapa tahun setelah periode pertama Anda, siklus menstruasi lebih dari 38 hari adalah hal biasa. Para gadis biasanya mendapatkan lebih banyak siklus reguler dalam waktu tiga tahun setelah memulai periode mereka. Jika siklus yang lebih lama atau tidak teratur berlangsung lebih dari itu, temui dokter atau perawat Anda untuk menyingkirkan masalah kesehatan, seperti polycystic ovary syndrome (PCOS).
Dalam usia 20-an dan 30-an, siklus Anda biasanya teratur dan dapat berlangsung dari 24 hingga 38 hari.

Pada usia 40-an, saat tubuh Anda mulai mengalami transisi menuju menopause, siklus Anda mungkin menjadi tidak teratur. Periode menstruasi Anda mungkin berhenti selama sebulan atau beberapa bulan dan kemudian mulai lagi. Mereka juga mungkin lebih pendek atau lebih lama dari biasanya, atau lebih ringan atau lebih berat dari biasanya.

Bicaralah dengan dokter atau perawat Anda jika Anda memiliki siklus menstruasi yang lebih lama dari 38 hari atau lebih pendek dari 24 hari, atau jika Anda khawatir tentang siklus menstruasi Anda.


Mengapa saya harus mencatat siklus menstruasi saya?

Jika menstruasi Anda teratur, mencatatnya akan membantu Anda mengetahui kapan Anda berovulasi, kapan Anda kemungkinan besar untuk hamil, dan kapan mengharapkan periode berikutnya dimulai.

Jika menstruasi Anda tidak teratur, mencatatnya dapat membantu Anda berbagi masalah dengan dokter atau perawat Anda.
Jika Anda mengalami rasa sakit atau pendarahan yang menyebabkan Anda tidak masuk sekolah atau bekerja, mencatat gejala periode ini akan membantu Anda dan dokter atau perawat Anda menemukan perawatan yang cocok untuk Anda. Rasa sakit yang parah atau pendarahan yang menyebabkan Anda melewatkan kegiatan rutin tidak normal dan dapat diobati.

Bagaimana saya bisa mencatat siklus menstruasi saya?

Anda dapat mencatat siklus menstruasi Anda dengan menandai hari Anda memulai periode Anda di kalender. Setelah beberapa bulan, Anda dapat mulai melihat apakah menstruasi Anda teratur atau apakah siklus Anda berbeda setiap bulan.
Anda mungkin bias mencatat jawaban dari pertanyaan di bawah:
  • Sindrom pramenstruasi (PMS): Apakah Anda mengalami kram, sakit kepala, kemurungan, kelupaan, kembung, atau nyeri payudara? 
  • Ketika perdarahan Anda dimulai: Apakah sebelumnya atau lebih lambat dari yang diharapkan? 
  • Seberapa berat pendarahan pada hari-hari Anda yang paling berat: Apakah pendarahannya lebih berat atau lebih ringan dari biasanya? Berapa banyak pembalut atau tampon yang Anda gunakan? 
  • Gejala-gejala menstruasi: Apakah Anda mengalami rasa sakit atau pendarahan pada hari-hari yang menyebabkan Anda Tidak bias bekerja dan tidak bias bersekolah? 
  • Berapa hari periode Anda berlangsung: Apakah periode Anda lebih pendek atau lebih lama dari bulan sebelumnya? 

Kapan seorang gadis mendapatkan periode menstruasi pertamanya?

Usia rata-rata seorang gadis di Amerika Serikat untuk mendapatkan periode pertamanya adalah 12 tahun. Ini tidak berarti bahwa semua gadis mulai pada usia yang sama.
Seorang gadis dapat memulai periode kapan saja antara 8 dan 15 tahun. Periode pertama biasanya dimulai sekitar dua tahun setelah payudara pertama mulai berkembang dan rambut kemaluan mulai tumbuh. Usia di mana ibu seorang gadis memulai haidnya dapat membantu memprediksi kapan seorang gadis memulai haidnya.
Seorang gadis harus menemui dokternya jika:
  • Dia memulai periode sebelum usia 8. 
  • Dia belum menjalani periode pertamanya pada usia 15 tahun. 
  • Dia belum menjalani periode pertamanya dalam tiga tahun pertumbuhan payudara. 


Berapa lama seorang wanita biasanya mengalami menstruasi?

Rata-rata, wanita mendapatkan periode selama sekitar 40 tahun dalam hidup mereka. Sebagian besar wanita memiliki periode teratur hingga perimenopause, waktu ketika tubuh Anda mulai berubah menjadi menopause. Perimenopause, atau transisi ke menopause, bisa memakan waktu beberapa tahun. Selama waktu ini, periode Anda mungkin tidak datang secara teratur. Menopause terjadi ketika Anda belum memiliki periode selama 12 bulan berturut-turut. Bagi kebanyakan wanita, ini terjadi antara usia 45 dan 55. Usia rata-rata menopause di Amerika Serikat adalah 52.
Periode juga berhenti selama kehamilan dan mungkin tidak langsung kembali jika Anda menyusui.

Tetapi jika Anda tidak mengalami menstruasi selama 90 hari (tiga bulan), dan Anda tidak hamil atau menyusui, bicarakan dengan dokter atau perawat Anda. Dokter Anda akan memeriksa kehamilan atau masalah kesehatan yang dapat menyebabkan menstruasi berhenti atau menjadi tidak teratur.

Berapakah jumlah perdarahan yang normal selama haid?

Rata-rata wanita kehilangan sekitar dua hingga tiga sendok makan darah selama menstruasi. Periode menstruasi Anda mungkin bisa lebih ringan atau lebih berat daripada jumlah rata-rata. Apa yang normal untuk Anda mungkin tidak sama untuk orang lain. dan, alirannya mungkin lebih ringan atau lebih berat dari bulan ke bulan.

Periode Anda juga dapat berubah seiring bertambahnya usia. Beberapa wanita mengalami pendarahan hebat selama perimenopause, transisi menuju menopause. Gejala perdarahan menstruasi yang berat dapat termasuk:
  • Perdarahan merembes melalui satu atau lebih pembalut setiap satu hingga dua jam 
  • Mengeluarkan gumpalan darah lebih besar dari ukuran sebelumnya 
  • Perdarahan yang berlangsung lebih dari delapan hari


Seberapa sering wanita harus mengganti pembalut atau celana dalam selama masa mestruasi?

Ikuti instruksi yang ada atau tertera di produk pembalut yang anda gunakan. Cobalah mencuci atau membilas celana dalam anda untuk kebersihan feminin Anda sebelum menjadi basah kuyup atau penuh dengan darah.
  • Kebanyakan wanita mengganti pembalutnya setiap beberapa jam. 
  • Pembalut tidak boleh dipakai lebih dari 8 jam karena risiko toxic shock syndrome (TSS) 
  • Periode celana dalam biasanya dapat bertahan sekitar satu hari, tergantung pada kegiatan anda dan aliran pendarahan Anda. 

Gunakan produk yang sesuai dalam ukuran dan daya serap untuk pendarahan menstruasi Anda. Jumlah darah menstruasi biasanya berubah selama suatu periode. Beberapa wanita menggunakan produk yang berbeda pada hari yang berbeda pada periode mereka, tergantung pada seberapa berat atau ringan pendarahannya.

0 komentar

Posting Komentar